Skip to content

Yuk, Membuat Herbarium

Februari 21, 2010

Salah satu kegiatan tim Identifikasi Flora Fauna dalam program “Sungaiku Bersahabat Kembali” PPLH Bali adalah membuat herbarium. Herbarium merupakan tempat penyimpanan contoh koleksi spesimen tanaman/tumbuhan yang telah diawetkan (LIPI, 2010). Tumbuhan yang akan diawetkan diperoleh di sekitar sungai Ayung tempat tim Identifikasi Flora Fauna melakukan penelitian.

Cara membuat herbarium yang dilakukan oleh Tim Identifikasi Flora Fauna ternyata cukup sederhana. Dibantu oleh mahasiswa dari Universitas Muhamadiah Malang serta  dari Poltekes Denpasar. Mereka mulai mengumpulkan tanaman yang akan diawetkan. Koran digunakan sebagai bahan penyerap air yang ada dalam tanaman. Tapi koran yang digunakan harus sering diganti agar herbarium tidak rusak dan busuk. Berikut cara membuat herbarium:

Kumpulkan bahan tanaman yang akan dibuat Herbarium

Bersihkan tanah yang menempel pada akar tanaman

Siapkan koran dan tempelkan bahan tanaman di atas koran

Pengumpulan tanaman yang sudah ditempel pada kertas koran

Penindihan tanaman dengan benda berat dan rata

Herbarium Siap Dipindahkan dan Dilengkapi dengan Data Pendukung

Herbarium yang baik selalu disertai identitas pengumpul (nama pengumpul atau kolektor dan nomor koleksi) serta dilengkapi keterangan lokasi asal material dan keterangan tumbuhan tersebut dari lapangan. Herbarium dapat digunakan untuk mengawetkan spesimen tanaman, material peraga pelajaran botani, material penelitian, alat pembantu identifikasi tanaman, material pertukaran antar herbarium di seluruh dunia, bahkan bisa digunakan sebagai bukti keanekaragaman spesimen acuan untuk publikasi spesies baru (LIPI, 2010). Tertarik mencoba? (dwi)

About these ads
44 Komentar leave one →
  1. Maret 16, 2010 12:40 pm

    mohon tanya ya ..
    tumbuhan yang bagus buat di jadiin herbarium apa ya ?
    ^____^
    makasih .

    • Maret 20, 2010 6:52 am

      maaf ya,, balasannya lama..
      semua tanaman bisa di herbarium asalkan tidak terlalu basah atau tinggi kadar airnya
      seperti lumut atau paku air..
      terimakasih sudah mw buka blog kami..
      mohon kritik dan sarannya..

      • Maret 20, 2010 2:15 pm

        iya samasama , tapi guruku suruhnya tumbuhan dikotil dan monokotil . nah paku itu tumbuahan apa ? dikotil atau monokotil .

        blognya keren kok . aku jadi ngerti apa yang dimaksud sama guruku . dan ngerti cara kerjanya . makasih ya atas blognya . ^_____^

      • Maret 21, 2010 8:01 am

        tumbuhan paku ga masuk kedua2nya,
        tumbuhan paku itu divisi sendiri,
        namanya divisi pterydhophyta.
        trs kalo tumbuhan dikotil yang bs dipake herbarium misalnya mangga, kacang, lombok, tomat, dll
        kalo monokotil misalnya rumput, jagung, tebu…dll
        kaya sejenis itu lah. asal dia ga terlalu basah..
        kalo ada yang kurang jelas,, silakan ditanyain lagi.. :)

    • April 10, 2011 6:37 am

      tumbuhan apa aja boleh

  2. Maret 21, 2010 9:27 am

    oh okay .
    makasih ya atas informasinya . :)

    • Maret 21, 2010 11:21 am

      ok2..
      siip..
      kalo ad kesulitan lgi,, silakan tnya aj..
      salam kenal y.. :)

  3. tari permalink
    April 14, 2010 6:23 am

    klo tnaman mwar dan melati bisa gak di herbarium ?
    tlg bls yah trmksh

  4. Sari permalink
    April 21, 2010 7:59 am

    Slamat siang
    saya mau menanyakan, bagaimanakah pembuatan herbarium agar zat warna atau warna hijau daun tidak hilang

    • April 26, 2010 10:54 am

      caranya daunnya jangan sampe kena koran langsung, supaya tinta koran ngga meresap k daun.
      sory ru blz kommentnya y.. :)

  5. April 21, 2010 1:50 pm

    thank you, thank you.
    i was googling randomly, hoping someone out there would help me with my school project.
    and you’re the one! :D Yaay!

    Visit my blog, please.

    Jesus loves you …

  6. midhy permalink
    Mei 21, 2010 1:12 pm

    mmm…buat herbarium dari zingi yang bagus ap ya???????
    jahe pa kunyit
    sya buat jahe ggl trus
    mhn bantuannya

  7. tyo permalink
    Juli 27, 2010 9:27 pm

    mau tnya nih…
    td d tulis agar warna daun herbarium tetap hijau ngga boleh kontak langsung sama korannya..
    trus pake alas apa??
    trima kasih..

  8. Juli 29, 2010 9:59 am

    klo bunga mawar bisa gk di jadiin herbarium?? soalnya aku ada tugas suruh membuat herbarium… tlong blz :’(

  9. lolo permalink
    Agustus 13, 2010 4:23 am

    gimana caranya supaya daun sama korannya gak bersentuhan langsung ?

    • sarini rahayu permalink
      Desember 15, 2010 8:07 am

      bgm prosuder pembuatan herbarium…?? tolong berikan data yang sistematis

  10. Wildan permalink
    September 3, 2010 9:40 am

    Hallo…..
    Saya mo tnya..gmna cara membwat herbarium yg baik dri tnaman Belimbing tu gmna…??
    apa buahny hrus d’sertkan juga..??
    kalo ingin menyertakan akarnya bgmna..???
    sekian n thank’s…mohon balasannya….!!!

  11. Wildan permalink
    September 3, 2010 9:42 am

    Asskum….
    Hallo…..
    Saya mo tnya..gmna cara membwat herbarium yg baik dri tnaman Belimbing tu gmna…??
    apa buahny hrus d’sertkan juga..??
    kalo ingin menyertakan akarnya bgmna..???
    sekian n thank’s…mohon balasannya….!!!
    Wasskum…

  12. dilla permalink
    September 7, 2010 3:42 am

    mau tnya yg ngeringin tmbhan herbariumna brp lm???
    blz

  13. September 26, 2010 12:44 am

    kalo bkin rangka daun gimana?
    daun yang bagus daun yang gimana?

  14. mahada panji permalink
    Oktober 25, 2010 1:06 pm

    kk saya mau nanya kalo herbariumnya gk harus pake koran gemana…???
    klo pake buku yg di iket pake tali truss di tumpuk ama bku2 laen bisa gk…???
    cpt y blz’a
    ^_^

  15. ifan regga permalink
    November 13, 2010 10:48 am

    kalo bikin herbarium itu perlu formalin ato alkohol gak?

  16. prastiwi permalink
    Januari 16, 2011 3:00 am

    kami mau tanya….. contoh tumbuhan yang bisa dijadikan herbarim beserta nama latinnya

  17. Farah permalink
    Januari 27, 2011 11:28 am

    Aku ada tugas nih, buat herbarium…
    Mau nanya, berapa waktu yg dibutuhkan sampe tanamannya kering?
    emang tanaman yg kadar air nya kecil apa?
    (selain paku n lumut)

  18. civaillunny permalink
    Januari 28, 2011 5:59 am

    dobry poczatek

  19. natalia permalink
    Januari 29, 2011 6:31 am

    met ciank ,

    klw blh tw tmbhan apa2 jha yg bsa diherbarium khn

    mkcii…
    :)

  20. April 15, 2011 2:38 am

    maaf, mw minta pendapat lebih bagus mana antara pembuatan dengan herbarium kering atau basah??

  21. nathan permalink
    Agustus 23, 2011 11:01 am

    tanaman yg pling cocok jadi herbarium apa

    tlng di balas ya

  22. nathan permalink
    Agustus 23, 2011 11:04 am

    tanaman yg paling cepet keringnya tu apa

  23. September 3, 2011 7:51 am

    kalo ngeringin herbarium tuh bisa jangka waktu seminggu gak.?

    makasih jawabannya.

  24. icha permalink
    September 29, 2011 3:09 am

    reff skripsii nii heee,,, thx yahh

  25. khoiriah permalink
    Oktober 31, 2011 6:16 am

    selamat siang..
    sya maw nanya klo ambilnya daun mangga aku tulis daun mangga atau mangga ajah??

  26. November 19, 2011 12:11 pm

    data pendukungnya apa aja ya…………..

  27. Valent permalink
    November 20, 2011 8:01 am

    ehmm.. tlong dijawab yaa? a mau tanya nih, ngeringinnya ada 1 mingguan gak ya? trims before. ^_^

  28. radityo Ekoputra permalink
    November 27, 2011 11:31 am

    KIra -Kira Berapa lama membuat Herbarium

  29. riia permalink
    Desember 9, 2011 12:24 am

    mau tanya…..
    kenapa kalau cocor bebek di jadiin Herbarium bentuk, tebal, sama warnanya tetap sama ?? gk kaya tumbuhan lain yang jadi kering truss kecoklatan ???

  30. mala permalink
    Desember 28, 2011 6:08 am

    thx y bwat infox, berguna bgt
    Soalx axu d4 tgas bwt bkin herbArium :)

  31. anasalvinocakka permalink
    Januari 23, 2012 1:55 am

    saya mo nayak giman kalu membuat herbarium padi bagus pa g`
    n apakah padi tuch cepat lumutan,…..???

  32. Februari 12, 2012 4:10 am

    cara menyimpulkannya bagaimana

  33. ali permalink
    Maret 8, 2012 10:14 am

    klo herbarium yg pake alkohol gmn tuch?

  34. volvariella ingiiendt bergayya permalink
    Maret 11, 2012 12:33 pm

    kakak mau tanya , nama tumbuhan di atas apa ya ? mau nyari klasifikasinya .

    makasih sebelumnya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: